Selamat datang di Jalantapak.Com

Pelihara Ikan di kosan? Bisa kok...

Saturday, September 28, 20130 komentar


Tulisan ini semoga bisa menjawab ke galau-an para pembaca yang tiba-tiba ingin pelihara ikan sebagai hobi baru agar kamar kosan pembaca ada ornamen yang 'hidup' dan bisa sebagai teman pembaca pada saat sendirian di kosan, atau bisa memandang kegemulaian ikan berenang sambil kita berada di peraduan :). Namun kendalanya, saat ini pembaca sedang berada di tempat kosan (jadi anak kost), bukan tempat tinggal yang permanen (baca: rumah kita sendiri). Suatu saat kita pasti akan 'hengkang' dari kosan itu. Jadi yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi hobi baru kita itu satu-satunya dengan cara yang seminimal mungkin.

Betul, seminimal mungkin, dan jalantapak akan memberikan 'jalan' bagaimana kita bisa memelihara ikan di kamar kosan kita.

1. Siapkan Aquarium

Yup..., langkah paling pertama kita siapkan aquarium. Ikan kita mau taruh dimana kalau bukan di aquarium, gak mungkin kan dilepas di bak mandi? Bisa aja sih, tapi dimana letak keindahannya, dan yang bisa lihat cuma kita sendiri atau orang-orang yang lagi ada 'hajat' di kamar mandi, sebagai hiburan sambil menunaikan 'hajat'nya ya lihat-lihat ikan di bak mandi deh,ehehe.. Tapi gimana kalau gak ada bak mandi? di ember? Ampuuun deh..., no comment...

Untuk memilih ukuran akuarium saya sarankan jangan yang terlalu besar (yaiyalah gimana gotongnya kalau waktunya pindahan kost), tapi jangan terlalu kecil juga seperti model gambar dibawah ini:
Boleh-boleh aja sih kalau mau pakai akuarium seperti diatas, asal mau rajin ganti air setiap hari saja, dan model ini hanya bisa untuk satu ikan saja. Ukuran akuarium diatas hanya cocok untuk properti film saja. Lalu, jadi harus pilih jenis aquarium yang mana? Nah, untuk anak kosan, usahakan bentuk aquarium berbentuk kotak/kubus dengan panjang +/3m X 2m X 2.5m. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga.

Ilustrasi

2. Air

Ini hal yang sangat-sangat penting, air sumber kehidupan ikan. Untuk diperhatikan, penting kita endapkan dulu airnya sebelum dimasukkan ikan koleksi kita. Gunanya mengendapkan air ini adalah untuk menetralisir sifat dan rasa air, dan menstabilkan suhu dan kadar PH air, terlebih lagi air yang kita gunakan berasal dari air PAM. Dan, waktu untuk mengendapkan air ini paling lama 1 minggu sebelum kita masukkan ikan.

Satu lagi yang perlu di perhatikan juga, ada baiknya selama pengendapan itu kita masukkan obat anti jamur, seperti Methylene Blue, el bayu, atau obat anti jamur lainnya. Gunanya untuk memastikan tidak ada jamur yang menempel pada dinding aquarium dan air tentunya. Untuk cara pemakaiannya, bisa pembaca lihat sendiri pada kemasannya, masing-masing obat memiliki kadar yang berbeda-beda untuk tiap liter airnya.

3. Aerator/Filter
Selama pengendapan, pasang juga filter pompa air atau aerator untuk memulai sirkulasi udara di dalam air. Pembaca bisa menggunakan pilihan antara memakai filter pompa air atau aerator, atau menggunakan kedua-duanya.

Bagi yang memilih menggunakan filter air, banyak model filter yang cocok untuk digunakan di akuarium kecil kita, contohnya merk AQUILA seri P1200, P1600, P1800, P2600, atau P3000. Seri-seri tersebut sudah dilengkapi dengan boks filter yang siap dipasang dan ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran aquarium pembaca.

Untuk media filternya sendiri, pembaca minimal harus menggunakan media filter kapas yang bayak di jual di toko-toko ikan. Namun, jika ingin repot sedikit, pembaca bisa mengkombinasikan antara filter kimiawi, filter mekanis, dan filter biologis.

Sekarang, bagi yang memilih jenis aerator, pembaca dapat menggunakan model sponge aerator dimana batu aeratornya sudah dilengkapi dengan sponge/spons. Gunanya spons disini adalah untuk menangkap kotoran yang berada di aquarium. Pembaca rajin-rajin saja membersihkan spongenya secara berkala.

Contoh sponge filter:



Pembaca juga bisa menggunakan jenis corner filter seperti ini:










Ini dapat dikatakan juga merupakan model kombinasi antara filter air dan aerator, yang cukup ditempatkan di pojok aquarium pembaca.

4. Ikan

Ya, inilah sang 'model' di kosan kita, para ikan yang akan berenang-renang di aquarium kita. Untuk jenis aquarium kecil sebaiknya pilih ikan yang juga berukuran kecil yang panjangnya sekitar +/- 8-9 cm. Jangan isi ikan terlalu banyak, karena ikan nantinya tidak dapat bergerak bebas, dan pembentukan Co2 atau kotoran ikan akan cepat penuh di aquarium yang nantinya bisa membahayakan ikan-ikan kita sendiri (sampai bisa mengakibatkan kematian, hiks....) cukup 2-3 ikan saja cukup.

5. Ornamen Aquarium

Untuk mempercantik suasana aquarium ikan, menambah ornamen sah-sah saja, seperti menambah batu-batu krikil yang berwarna, pohon-pohonan, dan sebagainya yang pasti akan membuat aquarium kita tambah cantik. Pembaca bebas berkreasi, namun perhatikan juga jangan terlalu padat, karena objek kita adalah ikan-ikannya bukan ornamennya.

Untuk menambah cantik aquarium kita di malam hari. Silahkan pembaca menambahkan lampu hias yang ditempatkan diatas kolam kian, atau lampu hias yang macam-macam modelnya banyak dijual di toko penjual ikan.

6. Ganti air & bersihkan aquarium secara berkala.

Ini sebagai langkah pemeliharaan aquarium kita, memelihara dan merawat lebih berat daripada memulainya, betul kan? Nah, sebagai langkah pemeliharaan aquarium kita, pembaca harus rutin rajin mengganti air aquarium secara berkala, minimal seminggu sekali, dengan mengganti air aquarium dan menyisakan 30% air lama di aquarium untuk ditambah dengan air yang baru.

Agar lebih aman, sebaiknya air yang baru diendapkan dulu selama 3 hari sebelum penggantian, lebih bagus seminggu, apalagi itu tadi, air yang digunakan adalah air pam.

Membersihkan dinding akuarium juga penting mengingat lumut/lendir dari air sedikit demi sedikit akan memenuhi dinding kaca aquarium kita, jika tidak dibersihkan pasti akan bertambah tebal. Nah, sekarang sudah banyak alat yang memudahkan kita untuk membersihkan kaca aquarium.

Oke, sekarang aquarium pembaca sekalian sudah siap untuk di 'pamerkan' oleh teman-teman pembaca semua, dengan ditempatkan di posisi yang tepat, aquarium dan ikan anda siap untuk 'beraksi'

Jangang takut mencoba, dan selamat berkreasi....
Share this article :

Post a Comment

Support : Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak Template | Pusat Informasi
Copyright © 2017. Knowledge | Family - All Rights Reserved
Template Created by Jalantapak Modify by jalantapak.com
Proudly powered by Blogger