Selamat datang di Jalantapak.Com

Jalan Menuju Taman Cikunir Indah

Friday, December 20, 20130 komentar






Perumahan Taman Cikunir Indah (TCI) yang terletak di Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, yang juga tempat tinggal saya sejak masih duduk di TK sampai sekarang memang masih dikatakan tergolong perumahan 'black city' kalau teman-teman komplek bilang. Alasannya apalagi kalau perumahan ini masih sulit dicari oleh orang selain yang memang tinggal di dekat daerah perumahan ini atau dicari oleh sanak saudara dari warga perumahan ini yang baru pertama ke perumahan ini. Gimana kalau yang sudah pernah ke perumahan ini, tapi malam hari, dijamin kalau disuruh ke perumahan ini lagi di siang hari bisa-bisa lupa lagi (sebagian orang mengatakan seperti itu).

Tampak depan perumahan TCI, masih berantakan, hiks...
Memang awalnya saya sendiri sulit untuk menjelaskan ke saudara-saudara saya perihal pertanyaan tentang jalan baik yang ingin datang atau pulang dari perumahan ini. Tapi seiring dengan perkembangan saat ini, agak sedikit mudah memberi 'ancer-ancer' jalan menuju perumahan ini, bahkan menunjukkan arah pulang dari TCI.

TCI memang berada di tengah-tengah perkampungan sehingga agak sedikit sulit memberitahukan posisi perumahan ini. Di sekeliling TCI ada perkampungan Ceger, kampung Jaha, dan kampung Crotos (aneh-aneh namanya bukan). Dalam tulisan ini, saya coba beri gambaran jalan menuju TCI, seperti kata pepatah "banyak jalan menuju roma" begitu juga dengan perumahan ini "banyak jalan menuju taman cikunir indah"

1. Dari terminal Bekasi kota

Dari sini ada dua pilihan angkot/koasi warna merah ke oren-orenan, yaitu K-02 dan K-05.

1.a. Koasi K-02
Jika memilih K-02, rute angkot ini meliputi Terminal Bekasi-Cut Mutia-Rawa Panjang-Pekayon-pasar Rebo-Jl. Raya Pondok Gede-Terminal Pondok Gede (PP). Bilang ke abangnya, minta turun di Perumahan Surya Mandala/ Surya Mandala/ Mandala aja. Biasanya supir angkot sudah paham, anda tinggal duduk manis aja. patokannya jika sudah dekat ke lokasi perumahan Surya Mandala, sebelah kanan jalan ada rumah makan "Ayam Terbang" setelah itu SPBU Pertamina, +/- 500 meter lagi pembaca akan sampai di Perumahan Surya Mandala.

 Dari Perumahan Surya Mandala, anda akan menemui bahkan dihampiri tukang ojek disana setelah turun dari angkot, jika memilih ojek bilang ke abangnya ke "Taman Cikunir", itu saja tukang ojek sudah paham. Untuk tarifnya nego saja, saya tidak tahu pastinya, sudah lama gak naik ojek dari sana sih, hehe...

Sebelum masuk ke perumahan TCI, jangan kaget anda akan dibawa masuk ke lokasi perkampungan, biasanya tukang ojek pilih potong jalan, untuk jalur mobil sebenarnya ada, cuma tukang ojek pilih jalur yang cepat dong. Jika sudah sampai di TCI silahkan pembaca cari alamat yang di tuju ke saudara anda masing-masing.

1.b. Koasi K-05

Lain halnya jika memilih koasi K-05, rute angkot ini meliputi Terminal Bekasi-Cut Mutia-Jl. Hasibuan-Bekasi Cyber Park-Kayuringin-Perumnas 2-Jl. KH Nur Ali-Cikunir (PP). Walau tujuan akhir di Cikunir, angkot ini tidak benar-benar berakhir di Taman Cikunir, melainkan Kampung Cikunir (komsen), yang dari arah komsen juga bisa pakai koasi ini juga. Sat naik koasi ini, bilang ke abangnya, turun di "Pemancingan Cikunir, bang...", supirnya pasti tahu, asal jangan supir baru aja nih,hehe..

Jika benar, anda akan diturunkan/diberi tahu untuk turun di depan Indomaret yang berseberangan dengan toko buah/ tukang bubut kayu. Disana akan ada jalan turunan yang mengarah ke pemancingan, itulah Pemancingan Cikunir. Tidak ada ojek atau becak, jadi anda mau gak mau harus jalan. Setelah melewati pemancingan akan ada jalan menanjak kemudian ada pertigaan ke kiri, anda silahkan belok kiri, jalan 100 meter sudah ketemu perumahan TCI sebelah kanan.

2. Dari Pasar Sumber Arta

Dari sini, anda dapat naik koasi K-26, dengan jurusan Terminal Sumber Arta-Jl. Raya Kalimalang-Caman-Pondok Cikunir-Komplek Mas Naga-Barito-Palem-H. Ilyas-Taman Cikunir Indah (PP). Nah sudah jelas bahwa koasi ini mengantarkan anda ke perumahan TCI, silahkan duduk manis sampai akhir perjalanan.



3. Dari Pintu Tol Pondok Gede

Anda dapat langsung naik ojek dan bilang ke abangnya "Taman Cikunir ya bang..." Sebagian besar warga TCI yang turun disana akan mengatakan itu jika memilih naik ojek. Biayanya kurang lebih Rp 10.000 s/d Rp. 15.000 tergantung nego. Kalau tarif ojek disini lumayan tahu karena istri kadang-kadang naik ojek dari sini jika pulang dari kantor.

4. Naik Kendaraan Pribadi

4.a. Dari arah keluar Gerbang Tol Pondok Gede/ Cikunir

Ini yang juga agak sedikit 'ribet' tapi akan saya coba jelaskan dari rute yang sederhana. Biasanya pendatang yang berkunjung ke sanak saudara di TCI datang dari arah Pintu Keluar Tol Pondok Gede (arah Jakarta). Setelah keluar dari pintu tol Cikunir dari arah Jakarta, langsung ambil putaran kiri, jalan terus tidak usah belok-belok, jika sudah ketemu ujung jalan (tusuk sate), ambil ke kiri, jalan terus sampai ketemu perlimaan. Ambil arah serong kanan (jangan ambil jalan ke kanan), jalan terus ikuti jalan utama/ arus kendaraan ramai sampai ketemu SPBU di pertigaan (Letak SPBU pas ada di tusuk sate setelah jalan yang agak menanjak yang diatas jalan tersebut ada flyover tol JORR).

Dari pertigaan itu langsung belok kanan, silahkan anda jalan terus sambil menghitung sampai adanya 3 INDOMARET (SESI MENGHITUNG INDOMARET), pada indomaret ke tiga yang letaknya di sebelah kanan, lihat ke kiri akan ditemui jalan ke arah kiri, anda silahkan belok ke arah kiri tersebut. Jalan terus ikuti jalan utama, akan ada pertigaan ke kiri, anda belok kiri, jalan sedikit, maka anda sudah melihat komplek TCI di sebelah kanan.

4.b. Dari arah keluar Gerbang Tol Bekasi Barat

Setelah keluar pintu tol, anda akan bertemu pertigaan, jika ingin jalan yang mudah dihafal, saya sarankan belok ke kiri, dan pada pertemuan di perempatan besar, anda ambil kiri lagi, dan anda sudah berada di jalan Saluran Inspeksi Kalimalang (jika benar di sebelah kiri anda akan ada Kali Kalimalang).

Penampakan Gedung Karaoke Venus yang saya maksud
Silahkan anda terus jalan sampai ketemu perempatan yang ada lampu merahnya (di sebelah kanan anda ada Super Indo). anda belok ke arah kiri melewati jembatan kali. Silahkan anda jalan terus sampai setelah melewati jalan layang, anda akan bertemu gedung Karaoke VENUS, di depan gedung itu ada jalan yang seolah masuk ke arah tol, anda silahkan putar balik arah kanan sampai ke jalan depan gedung VENUS tersebut.

Setelah sudah berada di jalan tersebut, jalan lurus saja (sebelah kanan anda ada jalan tol) sampai bertemu pertigaan yang di samping kirinya ada SPBU. Silahkan anda ambil jalan lurus dan langkah selanjutnya ikuti seperti tulisan sebelumnya yang dimulai dari tulisan "SESI MENGHITUNG INDOMARET".

4.c Dari arah keluar Gerbang Tol Jatiasih dari arah Pondok Indah

Setelah keluar pintu tol ini, anda akan bertemu perempatan yang di sebelah kanan anda ada jalan layang Tol JORR. Silahkan anda ambil jalan terus (jangan lupa kasih Rp.500 untuk sedekah ke pak ogah,hehe..) lalu tidak lama dari situ ada belokan turunan ke kiri, nah anda ambil jalan kiri itu. 

Maaf untuk akses jalan yang satu ini agak jelek dan becek, karena disini ada 5 perusahaan kontraktor, akibatnya banyak truk molen mondar-mandir jalan ini mengakibatkan kerusakan jalan. Tapi jalan yang rusak ini sudah berkurang karena saat ini pembetonan jalan sudah ditambah lagi.

Lanjut ke pencarian jalan, silahkan anda terus saja sampai ketemu 1 Indomaret di sebelah kiri, atau anda bisa hitung jumlah pertigaan yang anda lalui dari jalur ini, setelah pertigaan jalan (pertigaan jalan besar ya, kalau seukuran gang tidak dihitung) yang ke 4, di pertigaan ke 4 itu anda belok kanan, setelah belok kanan dan ketemu lokasi pemancingan cikunir, ikuti langkah akhir di poin 1.b/4.a 

Demikian keterangan jalan yang ingin ke lokasi perumahan Taman Cikunir Indah bagi para pendatang, sebenarnya masih banyak akses jalan lain menuju TCI, apalagi untuk motor, kalau sudah tahu "jalan tikus"nya aja, bisa lebih cepat dari menggunaan mobil.

Akhir kata jika anda masih kurang jelas dan ingin bertanya lebih jauh, apalagi dicarikan jalan alternatif selain itu (yang jika saya tuliskan disini akan tambah panjang tulisannya), silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini, atau bisa hubungi saya di web: www.jalantapak.com

Selamat datang di Taman Cikunir Indah

Kontributor: Praga Adidhatama
Share this article :

Post a Comment

Support : Jalantapak | Jalantapak | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2017. Knowledge | Family - All Rights Reserved
Template Created by Jalantapak Modify by jalantapak.com
Proudly powered by Blogger