Selamat datang di Jalantapak.Com

Tinta Printer Tidak Keluar, Ini Tipsnya

Wednesday, July 16, 20140 komentar

 
Pernah mengalami tinta printer tidak keluar, padahal baru saja diisi atau di reffil. Tenang dulu, bukan berarti catride anda rusak, bisa jadi ada tinta yang mengering dan menutupi pori-pori keluaran tinta di head catridge.

Ada beberapa langkah mudah untuk mengatasinya, dan ini sudah saya praktikkan pada catridge saya sendiri, awalnya meragukan tapi hasilnya cukup memuaskan.

Catridge yang saya gunakan adalah untuk printer HP PSC 1410, tapi ini rata-rata bisa berlaku untuk semua jenis catridge printer. Simak langkah-langkah berikut.
  1. Ambil wadah air, bisa menggunakan mangkok kecil yang biasa kita pakai buat makan mie rebus nih gan :)
  2.  Isi wadah dengan air hangat dengan ketinggian 0,5cm, kira-kira 50:50 dengan air biasa (suhu normal). Ingat jangan kelewat panas untuk menghindari melelehnya head catridge. Perkiraan suhu maksimal 70 derajat Celcius.
  3. Masukkan catridge ke wadah tersebut (direndam) dengan posisi head catridge (lempengan berwarna kekuningan/perak) ada di bagian bawah. Rendam denagn waktu 10-15 menit atau sampai air mulai bersuhu normal juga tidak apa-apa.
  4. Keyakinan, hehehe... Jangan takut konsleting atau air masuk ke dalam catridge, karena fungsi air hangat disini adalah untuk mencairkan tinta yang membeku di pori-pori catridge.
  5. Angkat catridge, lalu lap dengan tisu kering, cukup ditempel-tempelkan saja, terutama di bagian head catridge. Biasanya di dasar tisu bekas mengeringkan air yang ada pada head sudah ada tinta yang keluar, artinya berita bagus untuk kita, bahwa tinta printer sudah mulai keluar.
  6. Pasang kembali catridge pada printer, dan silahkan melakukan percobaan ngeprint.

Biasanya print-an pertama masih agak buram tintanya, ini normal saja karena masih ada penyatuan air dan tinta printer, berikutnya.....voilla... catridge anda akan kembali berfungsi dengan normal. Tinta kembali keluar.

Terkadang kondisi catridge berbeda-beda, tergantung usia pakai dari catridgenya, jika catridge memang sudah lama tidak dipakai, bisa jadi perlakuannya berbeda dengan langkah diatas. Tips diatas hanya untuk masalah catridge yang tidak keluar tinta tapi kondisi catridge masih bagus bahkan mbaru diisi ulang.

Demikian tips yang untuk mengatasi tinta yang mengering, masih yakin bahwa catridge anda benar-nbenar kosong?
Share this article :

Post a Comment

Support : Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak Template | Pusat Informasi
Copyright © 2017. Knowledge | Family - All Rights Reserved
Template Created by Jalantapak Modify by jalantapak.com
Proudly powered by Blogger