Selamat datang di Jalantapak.Com

Perlengkapan EDC Pribadi, Berguna Pada Saatnya.

Saturday, January 2, 20160 komentar



EDC (Every Day Carry), biasa disebut seprti itu ditujukkan untuk alat-alat yang dapat membantu kita dalam keadaan yang tak terduga. Kalau bicara pengertiannya sih kalian bisa lihat di berbagai sumber, tinggal cari di Google dan tulis di kotak search "arti EDC (Every Day Carry)" beres deh ketahuan artinya. Kalau dari saya pribadi sih EDC itu adalah alat yang bisa menolong saya atau orang lain dalam keadaan tak terduga. Seperti kalimat pembuka sebelumnya.

Alat-alat EDC ini sebenarnya tidak baku harus alat A, B atau C, alat EDC ini sangat banyak jenisnya, bahkan alat-alat yang biasa aja bisa dijadikan alat EDC, contoh simplenya "Uang", lho...? yaiyalah.... itu alat pasti akan diperlukan kita sehari-hari kan? Sehari-hari=Every Day, ehehehe...

Nah, mengenai EDC saya, saya ini termasuk baru/ nubie dalam dunia EDC ini, saya aja tidak tahu ada perkumpulan khusus penggemar alat EDC apa tidak, jika ada pun kayanya saya tetep di luar grup, masih malu sama koleksi EDC sy yang sederhana, tapai kalau ada pembaca disini yang udah ikut gabung, boleh dong saya diajak :)

EDC pertama yang saya miliki adalah alat serbaguna terbitan ACE Hardware ini.

Pisau warisan Krisbow


Dari sinilah saya mulai berfikiran, alat-alat seperti ini berguna banget jika saya menemukan situasi sulit, misal tiba-tiba harus mengencangkan mur yang longgar atau sekedar membuka bungkusan snack yang harus memerlukan alat tajam sedangkan disekitar tidak tersedia alat tajam itu (gunting/pisau.

Alat serbaguna dengan merk Krisbow ini pada awalnya adalah alat yang amat sangat berguna, ada pisau, gunting, obeng kembang.minus, pembuka botol, sampai pembuka botol anggur. Wuiih.. lengkap bgt deh... Sudah sekian tahun lamanya pisaunya sudah mulai tumpul, namun alat ini tidak saya buang, masih menjadi satu andalan koleksi EDC saya.

Nah kemudian saya menemukan multi tool yang menurut saya keren punya, yaitu ini:

Ganzo G201 H


Multi Tool Ganzo G201 H ini adalah alat Original China punya, namun sekali lagi menurut saya ini alat akan sangat membantu saya. Perlengkapannya sama kaya multitools keluarn ACE itu, namun dengan tambahan fungsi Tang, berbagai ukuran obeng, gergaji, sampai pemotong kawat. Untuk reviewnya bisa dilihat di Youtube dengan kata kuncinya "Ganzo GH 201", lengkap disana brader.


Setelah itu ada senter ini:

Senter SWAT & Senter Sepeda CAT EYE


Ya ini adalah senter SWAT umum merk Bai Chuan, sinar lampu senternya cukup lumayan untuk membantu penerangan dikala gelap, bisa diatur intensitas cahayanya, dan ada aturan kedipnya, tabung lalin merah & hijau, serta yang paling penting batrai yang digunakan adalah sistem charger, tanpa harus repot beli-beli batrai. Senter yang satunya lagi (ukuran kecil) ini saya ambil dari gratisan beli sepeda lipat "Bike To Work". Cukup ringan untuk dibawa-bawa di dalam tas selempang/ tas tempat pensil.

Selanjutnya ada alat-alat kecil ini:

Peralatan EDC kecil


Gantungan Kunci Merk Tactical 511 ini alat yang keren menurut saya, karena dengan alat kecil sederhana ini kita bisa gantung barang-barang dengan disatukan di tas selempang saya. Tidak hanya itu, kita bisa jadikan alat ini sabagai gantungan tambahan disaat kita berpergian.

Nah, logam yang bulat-bulat itu adalah sebenarnya souvenir dari Singapura, kalau pinggirannya dibuka bisa dijadikan gantungan juga, berguna banget sebagai gantungan di dalam kamar mandi yang tidak ada/ minim buat gantung baju/ handuk, ehehe...

Freshcare tentunya untuk keadaan darurat jika saya atau orang lain sedang dalam keadaan kurang fit, sebagai pertolongan pertama Freshcare saya kira cukup membantu.

Korek api saya sediakan 2 versi, versi pertama yang nyala normal korek geretan pada umunya, satu lagi yang mode api las. Pada keperluannya tinggal dipilih mana yang diperlukan. Yang saya suka dari korek model las adalah model peluru yang military banget deh.

Pastinya ada flashdisk yang sewaktu-waktu diperlukan untuk simpan data serta Power Bank agar kebutuhan komunikasi & informasi di hutan beton tetap terjaga. Dan terakhir adalah Buku Catatan kecil (gak kecil kecil banget sih), yang modelnya cukup unik sebagai note EDC. (Sebenarnya buku ini adalah bagian suvenir seminar)

Perlengkapan EDC lainnya adalah ini:

Ninja Wallet


Yups, Ninja Wallet ini posisinya sebagai alat express yang dapat dijangkau oleh tangan. Karena posisinya selalu berbarengan dengan dompet (muat di dalam dompet). Alat ini berfugsi dari kunci pas, pembuka amplop, pembuka kardus, penggaris, obeng sampai sandaran HP. Untuk reviewnya banyak di Youtube bro, kata kuncinya "Ninja Wallet Review"

Yang terakhir adalah ini:


Waktu Digital

Tanggal Digital


Ini jam tangan asli keren banget, Jam Merk "Fortuner" (Kaya merk mobil) ini cukup tanggun & membantu saya di hutan beton, kayu bahkan di dalam air. Yups, jam ini tahan terhadap air baik dari hujan, berenang samapai menyelam. Selain kuat terhadap air, bahannya tidak mudah terkelupas, kacanya kuat, dan ada Digitalnya bro, yang menunjukkan Jam versi digital, detik, tanggal & bulan. Yang paling keren adalah, jam tangan ini bermesin asli JEPANG & Di Buat di INDONESIA dengan tangan-tangan asli Orang INDONESIA. Makanya jam ini murah dengan kelasnya yang ORIGINAL punya.

Kalau mau jam merk ini dengan model yang beragam gak usah jauh-jauh bro... di web ini ane jualan juga, dan menjadi produk unggulan ane, silahkan lihat-lihat aja dibagian Jam Tangan dengan pilihan merk "FORTUNER". Di lapak ane di kaskus, bukalapak, tokopedia sampai Instagram pun ada. Gpp ya bro ane sekalian promo.

Oke demikian perlengkapan EDC yang saya miliki sampai saat ini, ane masih berencana mau koleksi barang EDC lainnya yang belum ane punya. Yah, walaupun barang-barang tersebut tidak berguna saat ini, tapi suatu saat barang ini akan menjadi penyelamat dikala saya menemui hambatan kerja *halaah....

Karena yang ane paham dari penggemar EDC ini, ada motto "Lebih Baik Punya Tapi Tidak diperlukan (saat ini), daripada perlu tapi tidak punya". Semoga dapat dipahami oleh pembaca semua, ehehe.... 
Share this article :

Post a Comment

Support : Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak Template | Pusat Informasi
Copyright © 2017. Knowledge | Family - All Rights Reserved
Template Created by Jalantapak Modify by jalantapak.com
Proudly powered by Blogger