Selamat datang di Jalantapak.Com

Pakai Latex di Suzuki Address bersama Vallen Jok

Tuesday, April 3, 20183komentar



Jok motor keras menjadi keluhan yang lumrah muncul dari pendapat para pemotor terutama yang riding jauh. Ada motor punya jok bawaan yang empuk, ada yang standar-standar aja atau ada yang keras seperti pada umumnya terjadi pada motor yang ada bagasi di bawah jok. Biasanya motor yang ada bagasi di bawah jok itu mengorbankan busa jok sehingga menjadi lebih tipis. Hal ini juga terjadi pada motor Suzuki Address yang saya miliki.

Bagi saya, jok Suzuki Address ini tergolong kecil, pendek dan busa jok yang saya katakan bersifat keras. Maklum saja, mengingat motor ini juga masuk kedalam matic kecil,jadi ya menyesuaikan lah ya. Nah, untuk busanya ini saya katakan keras terlebih akan sangat terasa jika riding agak jauh. Saya bawa motor Address ini ke kantor dengan jarak sekali jalan adalah 44 Km (Bekasi-BSD), untuk PP berarti 88 Km. Belum ditambah kalau macet dan dikantor biasanya sy lebih banyak duduk. Jika pulang kantor, akan sangat terasa pegal sekali terutama di tulang ekor (kita punya ekor juga lho dikira cuma kera sakti aja apa yang punya?ehehe...).

Nah, awalnya saya tidak sengaja sedang windows shoping di aplikasi burung hantu ijo, tau-tau ada yg jual jok lateks, saya tertarik lihat tuh, kok banyak yg beli, dari penjelasan lapaknya bisa bikin empuk, dan setali tiga dollar dengan grup Address Indonesia juga ada pembahasan mengenai jok lateks itu. Oh iya, saya masuk ke member Addresia, cuma maaf ya om Ketum saya member yg bandel, hanya silent reader & belum sempet ngumpul, maapkeun... cuma saya tetep jaga nama baik rider Address kok minimal dengan safety riding ;)

Okey lanjut ke cerita, saya coba order busa lateks 2 lembar ke pelapak, dan singkat cerita sampai lah orderannya. Pada saat saya coba merasakan nih busa kelihatannya ringkih tapi setelah dipegang anggapan itu salah, terlihat kuat bahkan elastis tuing-tuing,ehehe...

Weekend tiba, saatnya untuk ganti jok Address saya. Dan saya tetap pilih Vallen Jok yg ada di Jatiasih, dekat dari rumah saya di Cikunir. Sebelum saya beli busa lateks, saya tanya dulu ke om Anjar, pemilik Vallen Jok, bisa gak bikin jok bahan lateks, kata om Anjar "bisa", baru deh saya pesan busa lateksnya.

Vallen Jok ini jadi tempat tetap saya kalau mau ganti jok motor, sudah 2 kali motor saya yang satu lagi saya ganti di sini, dan hasilnya memuaskan. Kita bisa diskusi mengenai model jok & karena Vallen Jok ini sudah kerjasama dengan kulit jok MB tech, jadi tidak usah diragukan lagi lah ke aslian kulit jok MB Tech.

Skip, sampailah saya di bengkel jok Vallen, saya tanya ke crew yang ada disana (crewnya lebih dari 4 orang euy, makin sukses aja nih om Anjar) tentang niat saya mau ganti busa jok. Awalnya Crewnya bilang tidak bisa, saya bilang aja kata Om anjar bisa bikin, crewnya bilang lagi "memang bisa sih mas tp takut kecewa aja kedepannya hasil joknya jelek, pernah ada customer yang datang ganti lateks gak lama kemudian orangnya kecewa karena kan lateks sebenernya bukan busa jok". Saya bilang aja "gak papa mas, tetep ganti aja" (udah kadung dibeli juga kan). Akhirnya diganti juga deh.

Mungkin karena jok Address ini kecil & simpel,mas-mas crewnya punya teknik lain untuk pasang busa lateks ini. Jadi tekniknya kalau mau di bikin step-step jadi seperti ini:

  1. Buka joknya, ternyata salah satu crew kesulitan gimana cara buka jok dari kunci kontak Address,ehehe...
  2. Sudah terbuka dari clip tautan antara body & jok, lalu buka baut joknya, ternyata disini si mas-mas crew kesulitan lagi bukanya. Jadi jok Address itu gak seperti jok vario old 125 yang bisa langsung di buka bautnya. Di address harus buka cover bordes yang di bawah jok dulu, baru bisa di buka deh tuh bautnya.
  3. Ambil Joknya, bawa ke area workshop, ceileehh....


nah disini nih mulai pengerjaannya

  1. Buka cover/ kulit jok bawaannya
  2. Potong setengah busanya dengan posisi horizontal dari belakang ke depan atau sebaliknya dari depan ke belakang. Nah, potongan setengah itu (busa bagian atas) jangan dibuang
  3. Coak busa bagian tengahnya, busa bagian sisi samping kanan kiri-depan-belakang dibiarkan, jadi mirip bikin waduk lah kalau diumpamakan.
  4. Masukkan busa lateks di dalamnya yang sudah dipotong sesuai bentuk coakannya.
  5. Tambah lagi busa lateknya.
  6. Busa bekas potongan setengah yang tadi (busa bagian atas) di taruh diatasnya sebagai cover (terlebih dulu di coak juga di tengah busanya). Di lem dan di tekan-tekan.
  7. Di papras halus
  8. Hasilnya jadi agak tinggi dan besar joknya, mirip-mirip bentukan jok vario old 125.
  9. Tutup dengan cover jok MB Tech Camaro (saya pilih merah kombinasi hitam)
  10. Kuatkan dengan di staples/ jegrekan/ ceklekan/ pengkokot/ yah itulah namanya :)
  11. Pasang lagi ke motor. Jadi deh.


Semoga jok lateks ini berumur panjang elastis & kekuatannya dah seperti di iklannya yang kuat sampai 20 taon.

Hmmm... mengenai impresi awal pada saat digunakan, jok lateks ini langsung terasa empuk & mental mentul. Reboundnya gak ekstrim kok, sekitar 2 kali kalau ada polisi tidur. Kalau ada jalan sedikit berbatu atau garis kejut malah gak berasa kasar di bokong. Perjalanan ke kantor sejauh 44 Km sekali jalan bokong gak begitu pegal. Pegal pasti ada lah untuk perjalanan sejauh itu, tapi pegalnya merata gak bertumpu di satu titik aja (tulang ekor). Padahal ini gak full latex lho, busa lateks di cover sama busa bawaaan Suzuki Address.

Biasanya setelah pulang dari kantor, tulang ekor berasa sakit dan masih cenat-cenut waktu mau tidur saat masih pakai jok Address bawaannya. Sekarang, pegalnya merata, artinya terdistribusi dengan baik di area bokong, jadi gak pegel-pegel banget lah, ahahaha...

FYI, selain busa latex, ada pengaruh juga dengan shock breakernya, kebetulan saya pakai shock merk KTC tanpa tabung, yang mempunyai setelan preload. Settingan preload shock saya stel kekerasan pernya ke semi hard. Jadi, kesimpulannya shock yang sifatnya semi hard (yang reboundnya jadi sedikit) dicampur dengan jok lateks yang ada efek reboundnya, jadinya getaran kalau menerabas jalan jelek/ berbatu gak begitu terasa, meminimalisir kesakitan si bokong ini loh. Alhasil saya bisa melupakan untuk membeli shock yang kuning-kuning dengan harga berjutaan itu lha. Sekali lagi, Itu pendapat sujektif saya pribadi ya.

Kesimpulan akhir, jok berbahan busa lateks patut dicoba nih untuk para riders, terutama yang antar kota antar propinsi seperti saya, dengan harga yang relatif terjangkau dan harga pasangnya yang wajar (bisa berbeda disetiap bengkel jok), tergantung motif & bahan kulit jok. Yang perlu di ingat juga, pastikan sebelum membeli busa lateks, pembaca tanyakan dulu ke bengkel jok sekitar, mereka bisa pasang busa lateks atau tidak, karena bahan lateks ini perlu tekhnik tersendiri dan sebenarnya tidak bisa dibentuk yang aneh-aneh kecuali lihai atau maksa,ehehe...

Maaf juga untuk foto, saya tidak bisa ambil banyak, karena terkadang suka di kudeta sama anak saya untuk main game, jadi ya seadanya aja ya. Bagi para pembaca yang minat untuk ganti joknya dengan busa lateks, yang ada di daerah Bekasi khususnya Bekasi Selatan atau Pondok Gede, bisa di jajal nih pasang di bengkel Vallen Jok, pengalamannya tidak usah diragukan lagi, pernah menang kontes jok & jaminan MB Tech asli. Untuk Lokasinya ada di jalan Swatantra V-Jatiasih, di seberang pom Bensin yang deket ruko Ki Kusumo :) atau pas berhadap-hadapan dengan Sekolah Alam Natur Islam.

Demikian review mengenai jok lateks di motor Suzuki Address, jika ada pertanyaan bisa langsung di comment di bawah ya.

Busa Latex

Custom jok segala ada

Tempat workshop

Koleksi kulit jok, yang MB Tech di simpen di tempat tertutup

Mulai dikerjakan

Kulit bawaan Suzuki Address


Pilihan jok MB Tech model Camaro

Driving with style

Awas ada MB Tech palsu diluar sanah

Penampakan toko saat ini (yang warna merah)


Mulai dimasukin busa latexnya

Teken terus mas busanya :p

Ditutup busa bawaan Suzuki Address lagi

Hasilnya Hitamkombinasi Merah, jok jadi lebih berisi & tinggi

Hasilnya

Lebih detail model Camaro

Detail Model Camaro, benang merah

MB Tech Asli

Penampakan atas

Share this article :

+ komentar + 3 komentar

August 25, 2018 at 2:50 PM

thanks bro infonya sangat bermanfaat..
Saya boleh diinfo..
Beli di tokopedia yg mana & berapa lbr bahan jok latexnya utk szk address..?
Saya juga mau ganti utk address & skywave..
Juga tinggal di duta indah jtmakmur

October 3, 2018 at 2:21 PM

maaf baru bales, nama tokonya ryuroden, dan butuh 1 lembar latex aja om untuk 1 jok Address

November 6, 2018 at 7:12 AM

harga busa latex nya berapa itu mas ?

Post a Comment

Support : Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak Template | Pusat Informasi
Copyright © 2017. Knowledge | Family - All Rights Reserved
Template Created by Jalantapak Modify by jalantapak.com
Proudly powered by Blogger