Selamat datang di Jalantapak.Com

Urus Perpanjangan SIM di Mal Pelayanan Publik Bekasi Junction

Tuesday, July 31, 20180 komentar




Pengalaman terbaru ngurus perpanjangan SIM di Mall. Betul, sampai dengan saat ini (tanggal dibuatnya artikel saya) bagi warga Bekasi yang mau urus beberapa surat seperti E-KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Perpanjang SIM, perpanjang STNK, SKCK sampai bayar PBB & PDAM bisa dilakukan di Bekasi Junction, lokasi ini diberi nama Mal Pelayanan Publik.

Nah, kemarin saya coba melakukan perpanjangan SIM A. Saya datang kira-kira jam stgh 9 pagi di hari senin, untuk ukuran di tempat pelayanan yang menyediakan berbagai macam layanan masih tergolong sepi gak ada antrian yang bikin miris hati untuk balik kanan. Karena ini pengalaman pertama, jadi saya coba untuk baca situasi kemana dulu saya harus melangkah :)

Okeh, sambil lihat kanan-kiri, feeling saya tertuju ke pusat informasi. Meja informasi ini juga berfungsi untuk mengambil nomor antrian sesuai urusan yang mau kita tuju, karena sistem nomor antriannya beda-beda. Oiya, untuk pengurusan perpanjangan SIM mulai dapat dilakukan mulai dari 14 hari kerja sebelum masa berlaku SIM habis. Tapi dari beberapa berita di inet yang pernah saya baca kalau perpanjang SIM itu malah bisa dari 1 tahun sebelum masa berlaku SIM itu habis.

Okeh, masuk ke tahap selanjutnya setelah mendapatkan nomor antrian, kita tunggu panggilan untuk diberikan formulir permohonan perpanjang SIM di area pelayanan Perpanjangan SIM Polres Metro Bekasi yang ada di pojok dekat Lottemart. Pada saat dipanggil untuk mengambil formulir permohonan, kita harus menyerahkan fotokopi KTP sebanyak 2 lembar, satu lembar fc KTP dan SIM asli kita di staples bersamaan dengan formulir permohonannya. Setelah dipanggil kita diharuskan isi formulir permohonan, perpanjangan SIM apa yang mau kita urus. Setelah itu kita diharuskan mengantri di loket kesehatan yang ada di arah Selatan dari tempat area pelayanan perpanjangan SIM. Nah.... ternyata disinilah saya lihat antrian yang "lumayan" untuk ukuran di hari kerja.

Ok, jadi kita diharuskan ke loket kesehatan, yang tes kesehatannya hanya berupa tes mata yang sangaaaaaatt gampang.... untung aja belum diresmikan untuk tes psikologi ulang yang sedang digembar-gemborkan itu, ehehe... Untuk biasa tes kesehatan ini kita dibebankan untuk bayar Rp.25.000 dan kita dikasih form mengenai data kesehatan kita yang dinyatakan kita lulus tes :)

Setelah itu, kita lanjut untuk antri di loket bank BRI yang ada di persis sebelahnya, yang panjang antriannya hampir sama. Untuk perpanjangan SIM A, kita diharuskan membayar Rp.80.000,- lebih mahal Rp.5.000 dari perpanjangan SIM C. Disini kita dikasih 2 slip bank yang pertama untuk diserahkan ke loket pelayanan perpanjangan SIM dan 1 slip berwarna coklat kita pegang untuk mengambil SIM yang telah dicetak. Tapi, sebelum kita kembali ke area pelayanan perpanjangan SIM, kita harus berdiri antri lagi di loket asuransi. Untuk biaya polis asuransi ini dikenakan biaya Rp.30.000 dan menyerahkan 1 lembar fotocopy.

Okey, jadi kesimpulan sampai disini adalah, kita haru antri berdiri 3 kali, yang pertama di loket kesehtan, yang kedua di loket Bank, dan yang ketiga di loket Asuransi. Tipsnya, silahkan sebisa mungkin isi formulir permohonan bikin SIMnya pada saat antri, jadi lumayan menghemat waktu dibanding kita harus mengisi formulir dahulu, baru kemudian kita antri. Silahkan tulis dengan sedikit berakrobat atau bisa pakai papan tulis yang buat ujian yang sudah kita bawa dari rumah.

Selanjutnya, dari loket asuransi, kita tarus di box penyerahan berkas formulir, jangan lupa, kertas slip yang dari bank berwarna cokelat tetap kita pegang. Disini kita bisa menunggu agak lama untuk petugas memeriksa berkas-berkas formulir yang ada, karena tampaknya hanya 1 petugas polisi yang melakukan pendataan dan input data. Untuk saya sendiri setelah dikira-kira, mungkin ada 35-40 menitan menunggu sampai dipanggil untuk Foto.

Yups, saatnya tiba untuk proses foto. Petugas akan memanggil beberapa orang untuk siap2 diambil beberapa data. Disini ada 2 petugas yang melakukan pendataan. Kita ditanya identitas dasar seperti crosscek nama, tempat tanggal lahir, alamat, dsb. Setelah itu kita diminta untuk foto, lalu diambil sidik jari dan terakhir tanda tangan. Setelah itu selesai.

Gak sampai 10 Menit, nama saya sudah dipanggil lagi untuk ambil kartu SIM A yang telah jadi. Selesai.

Total waktu yang dihabiskan jika dihitung dari kedatangan saya sampai saya keluar mall sekitar jam 10:30 maka proses keseluruhan memakan waktu kurang lebih selama 1 jam 45 menit.

Untuk reviewnya sendiri, mungkin loket kesehatan, loket Bank, Loket Asuransi dan petugas penginputan berkas perlu ditambah personelnya agar bisa semakin cepat proses permohonannya. Untuk yang lainnya saya kira sudah cukup bagus, dan saya tidak melihat petugas yang terlihat "jutek" dalam pelayanannya, mungkin karena masih pagi atau mungkin hanya kebetulan? yah semoga saja tidak yah, karena hal yang saya dapat sesuai dengan nama tempatnyanya, yaitu "Pelayanan".




Share this article :

Post a Comment

Support : Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak | Jalantapak Template | Pusat Informasi
Copyright © 2017. Knowledge | Family - All Rights Reserved
Template Created by Jalantapak Modify by jalantapak.com
Proudly powered by Blogger